IDUL ADHA TIBA PILIH-PILIH HEWAN QURBAN PENUHI SYARIAT

Beberapa saat lagi Idul Adha akan tiba, Idul Adha sering kali disebut sebagai hari Raya Agung atau hari Raya Idul Qurban. dimana di momen istimewa ini adalah sekaligus waktu yang di intruksikan oleh Alloh SWT untuk menunaikan Haji ke Tanah Suci. 

Kembali ke masalah Qurban ada baiknya kita memahami dan mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat Hewan peliharaan yang diperbolehkan atau memenuhi syarat untuk Qurban. Hewan yang boleh dijadikan qurban adalah : unta, sapi, dan kambing (atau domba). Selain tiga hewan tersebut, misalnya ayam, itik, dan ikan, tidak boleh dijadikan qurban (Sayyid Sabiq, 1987; Al Jabari, 1994). Allah SWT berfirman : 
“…supaya mereka menyebut nama Allah terhadap hewan ternak (bahimatul an’am) yang telahdirezekikan Allah kepada mereka.” (TQS Al Hajj : 34)

JENIS KELAMIN
Dalam berqurban boleh menyembelih hewan jantan atau betina, tidak ada perbedaan, sesuai hadits-hadits Nabi SAW yang bersifat umum mencakup kebolehan berqurban dengan jenis jantan dan betina, dan tidak melarang salah satu jenis kelamin (Sayyid Sabiq, 1987; Abdurrahman, 1990)

UMUR
Sesuai hadits-hadits Nabi SAW, dianggap mencukupi, berqurban dengan kambing/domba berumur satu tahun masuk tahun kedua, sapi (atau kerbau) berumur dua tahun masuk tahun ketiga, dan unta berumur lima tahun (Sayyid Sabiq, 1987; Mahmud Yunus, 1936).

Umur hewan ternak yang boleh dijadikan hewan qurban/kurban seperti berikut ini.


  • Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke 6
  • Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke 3
  • Kambing jenis Domba atau Biri-biri diperbolehkan umur minimal 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan yang umur 1 tahun. Sedangkan bagi kambing biasa (bukan jenis Domba/Biri-biri, misalkan Kambing Jawa), maka minimal umur 1 tahun dan gtelah masuk tahun ke 2.


  • KONDISI FISIK HEWAN QURBAN
    Hewan yang dikurbankan haruslah mulus, sehat, dan bagus. Tidak boleh ada cacat atau cedera pada tubuhnya. Sudah dimaklumi, qurban adalah taqarrub kepada Allah. Maka usahakan hewannya berkualitas prima dan top, bukan kualitas sembarangan (Rifa’i et.al, 1978)
    Berdasarkan hadits-hadits Nabi SAW, tidak dibenarkan berkurban dengan hewan :
    1. yang nyata-nyata buta sebelah,
     2. yang nyata-nyata menderita penyakit (dalam keadaan sakit),
    3. yang nyata-nyata pincang jalannya,
    4. yang nyata-nyata lemah kakinya serta kurus,
    5. yang tidak ada sebagian tanduknya,
    6. yang tidak ada sebagian kupingnya,
    7. yang terpotong hidungnya,
    8. yang pendek ekornya (karena terpotong/putus),
    9. yang rabun matanya. (Abdurrahman, 1990; Al Jabari, 1994; Sayyid Sabiq. 1987).
    Hewan yang dikebiri boleh dijadikan qurban. Sebab Rasulullah pernah berkurban dengan dua
    ekor kibasy yang gemuk, bertanduk, dan telah dikebiri (al maujuu’ain) (HR. Ahmad dan
    Tirmidzi) (Abdurrahman, 1990)

    DISEMBELIH PADA WAKTUNYA
    • Awal waktu menyembelih adalah setelah sholat Idul Adha.
    • Akhir waktu menyembelih terdapat dua pendapat dari kalangan ulama. Pendapar pertama ketika matahari terbenam pada tanggal 12 Dzulhijah. Pendapat kedua ketika matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijah.
    BELI HEWAN QURBAN SESUAI SYARIAH DI  AMANAH DOMBA
    www.amanahdoma.com adalah salah satu website yang menjual domba-domba yang berkualitas dan terjamin kesehatannya. wajar saja proses pemeliharaan diawasi oleh tim ahli, hal tersebut terbukti dengan kondisi fisik domba dan kebersihan yang baik. domba-domba diberikan perawatan yang secara rutin diawasi dan dirawat oleh orang-orang yang ahli dibidangnya. pola makan yang terartur, stamina dan gizi yang sangat diperhatikan sehingga hasil akhirnya dari domba-domba tersebut bersih dan tidak mengeluarkan aroma perengus atau bau domba/kambing yang mencolok pada umumnya.

    HARGA KOMPETITIF
    tidak perlu khawatir bahwa domba-domba tersebut mahal jika dilihat dari porses yang sangat baik tersebut harga yang ditawarkanpun sangat kompetitif. mulai dari harga Rp. 1.250.000,- sampai sesuai pilihan anda. semua ada.

    DIANTAR SAMPAI TUJUAN
    Amanahdomba senantiasa memberikan pelayanan terbaik, salah satunya adalah dengan mengantarkan langsung pesanan anda ke lokasi tujuan saat ini baru melayani JABODETABEK. 

    PESAN SEKARANG
    Anda bisa memesan domba/kambing anda sekarang atau bahkan anda bisa meminta foto-foto koleksi hewan qurban kami tampa harus datang ke lokasi karena kami sangat mengerti kesibukan anda. 
    anda bisa memesan katalog dan akan kami kirim via email ke : masyon77@gmail.com 
    atau bisa menguhubungi kami langsung ke :
    081586774086 dengan Bapak Teguh
    087877157911 dengan Bapak Yono Maulana



    Teguh Amanah Domba
    ALAMAT KAMI :
    Teguh Amanah Domba,
    Gang Haji Amsyar, Kampung Kelapa, Desa Rawa Panjang
    Rt.4 / Rw.19, Citayam, Gojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Indonesia




    Sumber artikel :
    http://dompi.co.id/_dompi.php?_i=syarat-hewan-kurban
    http://syukuraqiqah.com/seputar-qurban/72-hewan-qurban-yang-memenuhi-syarat-.html

    IDUL ADHA TIBA PILIH-PILIH HEWAN QURBAN PENUHI SYARIAT IDUL ADHA TIBA PILIH-PILIH HEWAN QURBAN PENUHI SYARIAT Reviewed by Info Pantura on 9:35 AM Rating: 5

    No comments

    Komentar Anda :

    Translete

    English French German Spain

    Italian Dutch Russian Brazil

    Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Translate Widget by Google