NKP SIP MENGARAHKAN PERSONIL POLRI BERFIKIR STRATEGIS

Naskah Karya Perorangan sekarang tidak lagi menjadi salah satu syarat bargi sekolah Staf dan Pimpinan (sespim) dan (Sespimti) melainkan juga Polri yang akan ikut dalam Sekolah Inspektur Polisi (SIP), memang persyaratan itu belum lama diberlakukan kalo tidak salah baru pada tahun 2013 SIP dan Alih Golongan diwajibkan membuat NKP. 

dengan membuat NKP menjadi salah satu syarat itu sangat baik artinya Polri mengarahkan anggotanya untuk berfikir strategis tidak hanya pada perkara taktis dan teknis. dengan adanya pembuatan NKP ini personil polri mampu berfikir kepemimpinan, menganalisa, menyimpulkan dan mengambil keputusan. repormasi birokrasi di tubuh Polri membawa perbaikan yang luar biasa. 

APA itu NKP ?
sebuah produk pemikiran berupa karya tulis ilmiah seorang personil Polri yang bisa dipertanggungjawabkan.
Dari Mana Mulainya Menyusun NKP ?
dari diri sendiri dan masalahnya !, kenapa dari kita sendiri ? ya... akan lebih mudah jika kita sudah memahami betul pekerjaan tugas dan tanggungjawab kita sebagai personil polri dibagian mana pun itu disatuan manapun itu, di unit manapun itu! setelah kita memahami betul dirikita dan pekerjaan kita, coba teliti apakah dalam pekerjaan anda menemukan masalah atau ada masalah ? 
NKP salah satunya adalah mencari masalah pada pekerjaan anda! 
jika sudah menemukan coba di inventarisir, dikelompokan supaya lebih sederhana dengan teori 4 M saja ! Men (manusia), Material (sarana prasarana), Money( anggaran) dan Methode(metode,SOP atau Prosedur), jika salah satu kelompok tersebut tidak ada masalah ya tidak usah dibuat dibuat masalahnya, atau jika ke empat-empatnya bermasalah ya tuliskan satu satu. masalah bisa ada 1, 2,3,4 atau bahkan lebih atau hanya ada 1 masalah, ingat...!!!!! semakin banyak masalah pasti semakin ruwet kan.... he heh he makanya ga usah hidup ini terlalu banyak masalah santai aja kang mas...

setelah kita menemukan masalah langkah berikutnya adalah kita menjelaskan kondisi riil lapangan atau kondisi riill pekerjaan kita saat ini, dilihat dari mana, sama saja dari 4 M tadi, bisa dijelaskan dengan cara naratif atau menggunakan tabel.... suka suka dan mana yg lebih mudah dipahami, tapi kalo saya lebih suka bentuk tabel simpel ditambah penjelasan sedikit... 
dalam BAB kondisi saat ini atau kondisi faktual itu sebetulnya seri curcol (curhat colongan) tapi sering kali kita di hantui rasa engga enak nanti sama pimpinan dll, atau nanti saya disangkanya ini itu/... hah!!! perasaan yang seperti itu hilangkan !! ingat anda sedang belajar berfikir strategis, berfikir kepemimpinan, menganalisa dan memberikan rekomendasi, jadi harus berfikir ideal, yang terbaik!. 

setelah bab CURCOL...kemudian kita  kita harus bisa menganalisa sebetulnya kenapa sih terjadi begitu..kenapa sih harus begitu,,,kenapa sih kok begini...kok bisa ya begitu...kok aneh..ya...kan harusnya ga gitu....nah itulah yang harus DI IDENTIFIKASI oleh penulis...biasanya yang paling sederhana menggunakan Teori SWOT analisis, coba dilihat faktor external dan internalnya, dan seterusnya...bla bla..bla... (modus!! sengaja biar hubungi saya he he he)

kalo udah CURCOL kita tentunya punya harapan doong... kalo kita sebelumnya udan berani bilang "kenapa sih terjadi begitu..kenapa sih harus begitu,,,kenapa sih kok begini...kok bisa ya begitu...kok aneh..ya...kan harusnya ga gitu...." menurut kita nih penulis KONDISI IDEAL ATAU KONDISI YANG DIHARAPKAN  itu maunya seperti apa ???? jelaskan disini harus konsisten ya.... apa yang dimaksud konsisten ???  (modus!! sengaja biar hubungi saya he he he) 

ACTION PLAN / UPAYA YANG DILAKUKAN 
kalo kita sudah tahu diri, tahu masalah, tahu penyebab masalah, tahu bagaimana baiknya selanjutnya adalah BUAT ACTION PLAN ATAU UPAYA YANG DI LAKUKAN BAB INI membahas rencana aksi atau upaya upaya apa yang dilakukan oleh kita penulis untuk mewujudkan kondisi yang diharapkan tadi.... banyak teori yang bisa digunakan tapi coba baca TR dlu harus pake teori siapa kalo ada secara detailperintah teori siapa yang cari yang paling sederhana dan anda mengerti. 
setelah ketemu teorinya implementasikan sesuai dengan teori tersebut, jelaskan langkah-langkahnya dan seterusnya.... 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Bab ini menjadi penting! kenapa karena merupakan kesimpulan dari pemikiran kita! selain pemikiran dibab ini juga ada rekomendasi untuk tingkat pimpinan! 
ingat NKP adalah karya ilmiah personil Polri jadi jangan asal terhadap rekomendasi ini! jelaskan sesuai dengan temuan masalah diawal. 

setelah semua dikerjakan maka anda telah membuat karya tulis ilmiah dan siap di serahkan dan jika beruntung ide anda bisa di implementasikan Insya Alloh!.


TAPI KALO MASIH BINGUNG GIMANA ?
Pertanyaannya adalah, saya sudah baca dari awal! tulisan anda, tapi tetep aja saya bingung karena MASALAHNYA belum pernah buat nkp, atau saya tidak suka menulis! atau saya tidak bisa menuliskan kegiatan saya! kalo MASALAHNYA ITU jawabannya adalah BUKAN MASALAH. 
- Jika bingung bisa bertanya ! ke siapa ? ya kesaya he he he 
- kalo belum pernah menulis ! ya mulai belajar menulis
- kalo butuh bimbingan dan pendampingan ke siapa ? ya kesaya !  kita belajar bersama! tidak ada ilmu manusia yang tidak bisa dipelajari oleh manusia kecuali ilmu Tuhan Alloh SWT.

JIKA ANDA MASIH BINGUNG
DAN BUTUH BIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN 
UNTUK MENYUSUN NKP ?
HUBUNGI SAYA 24 JAM
DI 087789061666 (Telp, WA, SMS)
masyon77@gmail.com 
 
 
NKP SIP MENGARAHKAN PERSONIL POLRI BERFIKIR STRATEGIS NKP SIP MENGARAHKAN PERSONIL POLRI BERFIKIR STRATEGIS Reviewed by Y Maulana on 10:24 AM Rating: 5

No comments

Komentar Anda :

Translete

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google