3 Amazing Product Innovations in Modern Era

repost : Written by Yodhia Antariksa
posted January 16, 2012 at 12:00 am



Adakalanya selebrasi dan tepuk tangan meriah perlu dipersembahkan kepada barisan para inovator yang telah menciptakan beragam produk inovatif yang membikin hidup terasa lebih mak nyus. Memang peradaban modern terus berjalan, dan dalam setiap lekukan sejarah panjang itu, kadang muncul produk-produk legendaris yang begitu besar dampaknya bagi kehidupan kita semua.

Begitulah kita mencatat kelahiran beragam produk yang menandai derap kemajuan zaman : mulai dari penemuan sepeda motor hingga pesawat terbang, mulai dari lampu pijar hingga televisi LED, mulai dari pampers hingga kondom warna warni.

Lalu penemuan produk legendaris apa yang benar-benar terasa getarannya dalam kehidupan modern hingga hari ini? Disini kita mau berkelana dan menelisik 3 wonderful product innovation yang dampaknya terasa begitu “nendang” dalam kehidupan kita sehari-hari.

Amazing Innovation # 1 : PC/Notebook/Office Application. Kini, jutaan pekerja di setiap kolong jagat selalu memulai hari mereka dengan membuka PC (personal computer)/laptop yang ada di meja kerjanya. Anda juga pasti salah satu diantaranya.

Tak terasa PC/laptop telah begitu merasuk dalam keseharian kita. One PC in every desk. Ini kalimat yang dulu disuarakan oleh pencipta PC pertama di dunia, Pak Steve Jobs dengan produk Macintosh-nya.

PC menjadi legendaris terutama karena jeroannya : itulah serangkaian office application yang menjadi otak dibalik kejeniusan sebuah piranti komputer. Kita kemudian mengenal nama Word (pengolah kata) dan Excel (spreadsheet). Tanpa dua aplikasi ini, bagaimana kita bisa bekerja?

Melalui PC juga kita lalu familiar dengan ikon-ikon yang menghiasi screen kita. Ikon ini dalam bahasa kampungnya disebut graphical user interface atau GUI. Mari kita berhenti sejenak membaca, dan lalu perhatikan ikon-ikon kecil yang ada dibawah layar Anda : ah, betapa hebatnya para pencipta dibalik ikon-ikon mungil ini.

Dengan segala kelebihannya, tak salah jika majalah TIME menobatkan PC sebagai salah satu inovasi terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Amazing Innovation # 2 : Internet/Search Engine/Email. Saya akan selalu mengenang momen itu, momen ketika pertama kali saya mengakses internet. Saya ingat, saat itu bulan Juli 1995; dan ketika pertama kali dengan perlahan saya mengetikkan huruf www, reaksi saya hanya satu : speechless.

Kini 17 tahun telah berlalu, dan internet telah berkembang secara dramatis. Hari ini email telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita (dan betapa mudahnya kini kita saling berkirim informasi dan dokumen). Kita lalu juga familiar dengan search engine seperti Google – yang sangat membantu kita dalam mencari keping demi keping pengetahuan.

Pendeknya, internet adalah salah satu produk inovatif yang begitu masif dampaknya bagi kehidupan di era digital seperti saat ini. Dan ah, tanpa medium internet, kita mungkin tak akan pernah saling mengenal. Setidaknya, Anda tak akan pernah bisa mengenal dan menemukan blog dahsyat seperti yang tengah Anda nikmati detik ini.

Amazing Innovation # 3 : Cell Phone/Smartphone. Kini jumlah nomer pengguna cell phone di tanah air telah menembus angka 220 juta. Belum pernah ada dalam sejarah, sebuah produk begitu cepat melakukan penetrasi kepada begitu banyak orang.

Para tukang penjual sayur melengkapi mereka dengan HP supaya dengan mudah bisa dihubungi para pelanggannya. Para eksekutif menjinjing BlackBerry kesayangannya untuk selalu connected dengan ritme pekerjaan mereka yang penuh dinamika. Dan sepasang kekasih mungkin saling bertukar SMS penuh nada mesra meski mereka tengah terpisah ribuan kilometer jaraknya. Connecting people. Inilah kenapa cell phone telah menjelma menjadi salah satu produk inovatif dan begitu merakyat.

Itulah tiga jenis amazing product innovation dalam era modern saat ini. Ketiga-tiganya pasti sedang Anda gunakan saat ini. Ketiga-tiganya mungkin begitu lekat dalam keseharian kita.

Sambil menyeruput secangkir teh hangat dan ditemani langit yang mendung, mari kita mengucap syukur bahwa tiga produk inovatif ini pernah hadir dalam kehidupan kita.


3 Amazing Product Innovations in Modern Era 3 Amazing Product Innovations in Modern Era Reviewed by Yono Maulana on 8:21 AM Rating: 5

No comments

Komentar Anda :

Translete

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google