MELURUSKAN ISTILAH LAPTOP, NOTEBOOK, NETBOOK - BERITA KITA

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 18 Oktober 2011

MELURUSKAN ISTILAH LAPTOP, NOTEBOOK, NETBOOK











Hari ini saya dibuat pusing alang kepalang karena harus menjelaskan istilah-istilah tersebut diatas, kenapa saya harus pusing karena teman-teman mahasiswa dari perguruan tinggi MH Thamrin Jakarta baru saja mendapatkan sebuah laptop, atau notebook atau netbook atau komputer jinjing, hem,heuh!!! Ribet kan jadinya!!!
Begini ceritanya kenpa istilah membuat saya pusing dan kecapean, para temen-temen mahasiswa datang bertanya “pak kok yang saya dapet netbook? Katanya notebook,” kata temennya yang laen “ia pak katanya laptop dapetnya???” sembari saya menarik napas panjang, sengaja pake ‘p’ biar gampang! Bisa bantu saya ngga untuk menjelaskan dari definisi yang kalian sebutkan tadi? Ya kalo laptop kan ada CD room nya Pak? Ada yang laen lagi ? sy tanya ? pada diem tuh,, sy berusaha menahan napas dan menarik sedikit dalam, baiklah mari kita belajar bersama memahami apa sih maksudnya kenapa sih nama-nama itu istilah-istilah itu banyak banget...
Saya mencoba untuk menjelaskan sebatas sepengatahuan saya tetang istilah itu karena secara sumber yang dapat dipercaya pun saya belum dapat semua tulisan begitu saya googling opini dan definisi dari orang-orang yang nulis artikel ya jadinya sesuai dengan asumsi masing-masing, tapi kalo boleh saya copy kan disini definisinya adala sebagai berikut ;

LAPTOP
Berasal dari kata “LAP” dan “TOP” lap=pangkuan , top = diatas, maka munculah istilah laptop yang berarti diatas pangkuan, itu dari blog sumbernya : ttp://bacatulisanevran.blogspot.com/2009/05/laptop-notebook-netbook.html atau mungkin lengkapnya begini ;
adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket [[USB]/Universal Serial Bus] maupun PS/2 jika tersedia.

NOTEBOOK
Jawabannya ya sama seperti laptop diatas  loh kok gitu??? Ya saya maunya begitu mau apa ?? he he he





NETBOOK
merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.
Ada lagi dari sumber yg laen ;
Sekarang kita bahas lagi perbedaan notebook (laptop) dengan netbook.
Dulu laptop anda tidak seringan yang sekarang (waktu pertama diproduksi massal dan dijual bebas), namun seiring permintaan akan sebuah “PC mobile” kini anda menikmati sebuah gadget yang ringan dan membantu anda berFacebook ria dimana pun. Anda bisa tertipu dengan penampilan Macbook Air yang tipis (sebuah artikel menyebutkan bahwa pernah suatu waktu Macbook Air dibuang ke bak sampah karena di kira cuman majalah karena ukuran dan beratnya yang sama), atau Asus EeePC yang imut.
Istilah NETBOOK pertama kali didengungkan oleh reviewer IT karena meningkatnya penjualan Asus EeePC yang imut, kemudian berbagai vendor berpacu melahirkan saingan EeePC. Seperti MSI dengan wind-nya, Acer dengan Aspire One-nya atau Axioo dengan Pico-nya. Dan di luar sana (di barat) netbook adalah “notebook kedua” bagi mereka (karena udah punya notebook gede dirumah), istilah netbook juga dikarenakan “notebook” ini cuman enak digunakan browse-ing (Google-ing, YM-ing, Facebook-ing, tepelant-ing).
Dengan kasat mata anda akan mengetahui yang mana yang notebook, dan yang mana yang netbook.
Nah kalo liat diatas emang ada yang merek Lenovo  he he he ga ada kan ?? jadi kalo temen-temen takut masuk ke kategori netbook dengan merek-merek yang disebutkan diatas artinya bukan kan he he he he.. tapi ya aneh juga bagi saya,,,,,
Baiklah,,, kesimpulannya adalah,,,,,,,,,




NETBOOK ;
Netbook adalah laptop yang bisa melakukan koneksi internet!!!! Nah !! jelaskan berarti netbook fungsi lebih doong ya jelas,,, bisa koneksi, karena ada beberapa merk yang memiliki slot kartu GSM yang memungkinkan dia bisa langsung koneksi, dan perangkat WIFI yang hampir semua laptop. Notebook atau netbook sudah pasti terpasang.

SALAH KAPRAH ISTILAH
Kenapa saya bilang salah kaprah?? Ya iyalah buktinya google melarang penggunaan istilah NETBOOK karena dia ternyata sebuah merek yang telah dihak patenkan, dan dalam hal ini Google membenarkan makanya dia aja ga mau pake istilah netbook. Begitu juga dell dan asuss, axio mereka kini menggunakan mini-pc, nah pertanyaannya adalah pada saat anda merasa laptop anda netbook terus skrang ganti istilah mini-pc masih mau protes ngga ??? jadi yang bener yang mana ??
NETBOOK adalah sebuah merek milik perusahaan PSION jadi selama ini kita terjebak istilah yang ga salah-salah amat tapi menyesatkan, kenapa menyesatkan karena bikin saya susah, pusing, ribet sampe-sampe harus bikin tulisan ini 
Ini tread nya silahkan baca sendiri :
http://forum.chip.co.id/notebook-laptop-tablet/126002-istilah-netbook-akan-lenyap.html
http://teknologi-net.blogspot.com/2009/02/google-larang-trademark-di-search.html
http://jabalakat.blogspot.com/2010/02/definisi-laptop-notebook-netbook.html
http://bacatulisanevran.blogspot.com/2009/05/laptop-notebook-netbook.html

(yons)


Post Bottom Ad

Pages