Teori Multimedia Part II




2.1 Teori Multimedia
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan Video (Rosch,1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (McCormick,1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit
dua media input atau output dari data, media ini dapat audio(suara, musik), animasi, vidio, teks, grafik dan gambar (Turban dkk,2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis atau interktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio,dan gambar vidio (Robin dan Linda,2001). Definisi yang lain dari Multimedia, yaitu dengan menempatkannya adalah konteks, seperti yang dilakukan oleh Hosfstetter (2001),
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan nafigasi, berinteraksi, berekreasi, dan berkomunikasi.

Kelebihan Multimadia adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan riset dan penerbitan komputer yaitu, Computer Technology Reseach(CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangat efektif.

2.1.1 Objek - Objek Multimedia
Objek-objek Multimedia meliputi : Teks, Grafik, Bunyi, Animasi.
• Teks : Teks cetak, teks hasil scan, elektronik teks, hypertext.
• Grafik : Gambar vektor, gambar bitmap, clip art, degized picture, hyperpicture, format file grafik.
• Bunyi : Format waveform audio, AIFF, DAT, MIDI, IBF, MOD, RMI, SBI, SND, VOC, AU, CD, CD plus, CD Extra, Enhanced CD, MP3, HyperAudio.
• Video : Live Video Feed, Videoape, Videodisc, digital video, DVD, Hyper audio, standart Video, format file video, digitalasi video, kompresi video.
• Animasi : Animasi sel, frame, sprite, lintasan, spline, vector, karakter, computational animation, morphing.


Teori Multimedia Part II Teori Multimedia Part II Reviewed by Yono Maulana on 11:09 AM Rating: 5

2 comments

  1. nak tye,ade x buku rujukan utk teori ni?blh bgtau saya? =)

    ReplyDelete
  2. BUKU TEORI MULTIMEDIA PENERBIT ANDY JOGJAKARTA

    ReplyDelete

Komentar Anda :

Translete

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google